feedburner

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur adipisicing elit,
sed do eiusmod tempor incididunt ut labore
et dolore magna aliqua.

dream theater

Dream Theater
Dream Theater
Dream Theater
Dream Theater
New York, Amerika Serikat

Lihat Lirik Lagu Dream Theater



Biografi :

Dream Theater yang awalnya bernama Majesty ini dibentuk di New York tahun 1985. Berawal dari kolaborasi John Myung (bas), John Petrucci (gitar) dan Mike Portnoy (drum) yang belajar di sekolah musik Berklee College of Music, mereka kemudian merekrut Kevin Moore (keyboard) dan Chriss Collings (vokal). Grup ini kemudian berganti nama menjadi Dream Theater lantaran ada grup lain yang juga bernama Majesty dan menuntut agar mereka berganti nama.

Album pertama mereka, WHEN DREAM AND DAY UNITE dirilis dirilis oleh Mechanic Records tahun 1989. Album ini gagal menembus pasaran dan mengakibatkan tour promo Dream Theater juga dibatasi hanya di sekitar New York saja. Terjadi perubahan formasi setelah album pertama ini. Album kedua mereka IMAGES AND WORDS dirilis dengan James LaBrie yang mengisi vokal.

Tahun 199, Jordan Rudess masuk mengisi posisi keyboardist dan tahun yang sama Dream Theater melepas album METROPOLIS PT. 2: SCENES FROM A MEMORY.

Album-album Dream Theater termasuk jarang yang laku keras. Hanya album IMAGES AND WORDS yang tercatat meraih gold album. Namun berbeda dengan live album mereka yang ternyata lebih sukses de pasar. 4 live album mereka malah mencetak platinum album buat Dream Theater.

Jan 3, '08 4:18 AM
for everyone


Dream Theater tercatat merilis 10 studio album, 5 live album, dan 1 album kompilasi selama berkarir lebih dari 20 tahun. Dengan fomasi terakhir James LaBrie (vocal), John Myung (bass), John Petrucci (guitar), Mike Portnoy (drums), dan Jordan Rudess (keyboard) terakhir mereka melepas album SYSTEMATIC CHAOS 2007 kemarin.



KUPAS DREAMTHEATER


Album studio ke-8 milik Dream Theater, Octavarium, adalah album paling kompleks, misterius dan banyak hal2 yang tersembunyi. Pada sesi wawancara dengan sebuah stasiun radio, Mike Portnoy (drummer) menyatakan bahwa album ini adalah salah satu album yang penuh dengan hal-hal tersembunyi yang paling besar.
Pada halaman ini akan gue ceritain segala sesuatu tentang Octavarium (yang gue ketahui) dalam sebuah penjelasan yang panjang. Terima kasih untuk anggota forum di MikePortnoy.com yang berusaha menemukan hal-hal tersembunyi dalam album ini.

Pembukaan

Hal yang paling menonjol dari album Octavarium adalah pengungkapan ide bahwa sesuatu adalah berputar, kembali kepada diri sendiri, dan suatu akhir adalah awal dari hal itu sendiri. Satu oktaf nada (dimana kata octavarium diambil) dimulai dan diakhiri pada nada yang sama.
Octavarium juga merupakan kelanjutan secara logis dari album sebelumnya (Train of Thought), dimana nada awal lagu pertama pada album octavarium (The Root Of All Evil) dimulai dengan nada yang sama (F) dengan nada akhir dari lagu terakhir pada album Train of Thought (In the Name of God). Pakem ini telah dimulai oleh Dream Theater sejak album ke 5 mereka, Metropolis Pt. 2 - Scenes From a Memory.

Simbol-simbol yang banyak terdapat pada design album octavarium adalah bentukan oktagonal bersisi 8 dan 5 bintang. Angka-angka ini, 8 dan 5, menggambarkan keberadaan octavarium dan Dream Theater sendiri secara umum, dan ini banyak terlukiskan pada album ini.

Acuan dari sejarah tentang Octavarium sendiri sangatlah terbatas. Satu-satunya sejarah yang tercatat pada buku sejarah Vatican mengenal kata Octavarium Romanum. Kata ini mengacu pada acara ritual tahunan yang dilakukan oleh kaum Katholik pada zaman dahulu, yang notabene dihiasi oleh banyak angka 5 dan 8. Buku ini menyebutkan bahwa acara ini diawali oleh Sixtus V (1585-1590) dan tidak disebutkan lagi hingga zaman pimpinan Clement VIII (1592-1605) …..

Selain itu, angka 5 dan 8 dalam Octavarium menyimbolkan tentang :

1. octavarium - mengandung 5 suku kata, konsonan dan vocal
2. 5 anggota DT yang katif
3. 8 total anggota DT sejak berdiri (Tidak termasuk Chris Collins, karena dia hanya bagian dari Majesty - sebelum DT)
4. Dream Theater memiliki 5 album Live sebelum Octavarium di rilis
5. Dream Theater dibentuk tahun 1985
6. 5 dari 8 lagu pada album ini direkam menggunakan ‘Hammer of the God’ drum kit, perangkat drum ke-8 yang dimiliki Mike Portnoy selama karirnya

Design Cover
Pada sampul muka album ini terdapat gambar pendulum Newton dengan 8 bola. Secara fisik bila bola pada pendulum ini dgerakkan, akan berulang-ulang dengan gerakan yang sama, sesuai dengan tema dari album ini. Disini juga terdapat gambar 5 ekor burung, yang menyimbolkan 1 oktaf pada piano (bola digambarkan sebagai bilah putih dan burung digambarkan sebagai bilah hitam. Tema oktaf ini muncul berulang-ulang pada album ini.Sementara itu, di balik sampul depan dan belakang terdapat gambar anak laki-laki yang saling bertelepon menggunakan kaleng yang dihubungkan dengan seutas tali. Ide dari gambar ini adalah, adal dan akhir adalah saling terhubungkan. Pada satu sisi, anak laki-laki tersebut berbicara melalui kaleng dan sisi lainnya dia mendengarkan melalui kaleng tersebut. Mungkin maksud dari gambar ini adalah, si anak memberikan informasi yang dia peroleh dari dia sendiri di awal. Meskipun engkau mendapatkan hal-hal selama perjalanan, kamu akan kembali ke awal. octavarium, lingkaran tak berakhir.dominoes.jpgDibalik sampul teks lagu The Answer Lies Within terdapat gambar 2 kartu domino. Salah satu berjumlah total 5 (2 dan 3) menggambarkan jumalh anggota Dream Theater dan yang lain 8 (5 dan 3) menggambarkan jumalh total anggota Dream Theater dengan anggota lama. Dan diatas kartu domino tadi terdapat 3 ekor burung, yang menggambarkan 3 orang personil Dream Theater yang telah keluar, 2 burung sedang terbang menggambarkan 2 mantan pemain keyboard (Kevin Moore dan Derek Sherinian), dan 1 ekor burung hinggap di atas domino menggambarkan 1 orang mantan vocalist, Charlie Dominici.
Dibalik sampul teks lagu Never Enough dan Sacrificed Sons terdapat gambar gurita (memiliki 8 kaki) dengan 5 ekor ikan dan lambang berhenti (memiliki 8 sisi) dengan simbol Majesti di tengahnya.
Ilistrasi selanjutnya adalah cetakbiru bintang bersudut 5 didalam sebuah oktagona bersisi 8. Disini semakin banyak terdapat referensi angka 5 dan 8. Skala dari gambar tersebut (tertulis sebagai gambar ke 8 ) adalah 5:8. Lebar dari sisi persegi panjangnya adalah 29,675 dengan bagian sisi yang terpotong adalah 8,8 dan panjang dari 8 sisi-sisi oktagon adalah 5,8. Penulisan skala F Lydian (?) dimulai dari sudut paling kiri searah dengan jarum jam (1:8, 2:8 … dst). Berikutnya adalah terdapat 4 pintu pada oktagon tadi hanya dengan 1 pintu (bagian bawah) yang terbuka. Ini mungkin menyimbolkan bahwa, kamu dapat memasuki ruangan tersebut, berputar-putar di dalamnya, tetapi harus keluar dari pintu yang sama.Di halaman selanjutnya, anak laki-laki tadi muncul lagi dan foto personel Dream Theater pada bilah hitam piano.Akhirnya, pada balik sampul belakang terdapat bilyard bola 8 dengan simbol Majesty di tengahnya. Sementara itu pada sampul belakang, akan terlihat 1 oktaf bagian dari piano yang memiliki 8 bilah putih dan 5 bilah hitam.blueprint.jpg
Masing-masing bilah putih merepresentasikan kunci awal dari lagu - dimulai dari kunci nada F.
Apakah bilah hitam tidak menggambarkan apa-apa ? Coba bila kita lihat lebih teliti, waktu putar dari total lagi dalam album ini tertulis salah. Hanya tertulis 72:26, padahal apabila album tersebut kita putar seluruhnya akan tercatat 75:55. Cukup menarik, 5 dari 8 lagu memiliki negative time yang total akan menggenapi 2:18 yang hilang … :D.
Bukan hanya melengkapi negative time yang hilang, tetapi juga akan melengkapi kekurangan nada minor pada bilah hitam piano.

1 0:00 - 8:07 The Root Of All Evil F putih
1 8:08 - 8:25 Nature Sounds (Negative Time) F# hitam
2 0:00 - 5:20 The Answer Lies Within G putih
2 5:21 - 5:33 Pitch Bend (Negative Time) G# hitam
3 0:00 - 6:59 These Walls A putih
3 7:00 - 7:36 Wind / Heartbeat / Chimes (Negative Time) A# hitam
4 0:00 - 4:29 I Walk Beside You B putih
5 0:00 - 7:16 Panic Attack C putih
5 7:17 - 8:13 Synth Solo (Negative Time) C# hitam
6 0:00 - 6:33 Never Enough D putih
6 6:34 - 6:46 Voices Begin (Negative Time) D# hitam
7 0:00 - 10:42 Sacrificed Sons E putih
8 0:00 - 24:00 Octavarium F putih

Lagu Octavarium diawali dengan nada F 1 oktaf lebih tinggi dari pada nada F awal dari lagu The Root Of All Evil, tetapi dimulai dengan nada yang sama, kunci nada F.


1. The Root Of All Evil
[VI. READY]
[VII. REMOVE]

Referensi musik :
- Suara langkah kaki bersepatu, kemungkinan merujuk pada akhir lagi Finally Free (Metropolis Pt. 2 - Scenes From a Memory)
- Intro suara tom drum merujuk pada lagu This Dying Soul (Train of Thought) - 0:25 - 1:00
- Intro lagu mengingatkan kepada lagu Welcome to the Machine (Pink Floyd)
- Kunci awal gitar selama intro sebelum bunyi drum adalah kunci yang sama dengan yang dimainkan selama konser tur When Dream and Day Unite di tahun 1989.
- Nada-nada vocal dari menit 4:55 sampai 5:16 serupa dengan lagu This Dying Soul (Train of Thought)
- Solo pada menit ke 5:18 sangat menyerupai dengan solo dari The Glass Prison (Six Degrees of Inner Turbulence)
Hal tersembunyi :
- Nada piano diawali dnegan kunci F, kunci yang sama dengan kunci akhir dari lagu In The Name Of God pada album Train of Tought.
Tambahan :
- Lagu ini adalah bagian ke 6 dan ke 7 dari 12 langkah penanganan problem kecanduan alkohol yang dilakukan oleh Mike Portnoy
- Seri keseluruhan (belum lengkap) adalah
Seri 1 : The Mirror - Awake
Seri 2 : Lie - Awake
Seri 3 : The Glass Prison - Six Degrees of Inner Turbulence : bagian I, II dan III
Seri 4 : This Dying Soul - Train of Thought : bagian IV dan V
Seri 5 : The Root Of All Evil - Octavarium : bagian VI dan VII
untuk seri lengkapnya akan gue jabarin di postingan lain yaaaa ….

2. The Answer Lies Within

Referensi musik :
- Suara latar violin di menit 2:36 dimainkan sebagai tema utama nada dari lagu Octavarium
- Selama bagian yang tersembunyi dari lagu ini pada bagian akhir terdengar suara yang sangat serupa dengan penutupan lagu Great Gig in the Sky milik Pink Floyd
Hal tersembunyi :
- Bell dia awal lagi berdentang 8 kali (sama dengan jumlah dentangan bell pada The Glass Prison)

3. These Walls

Hal tersembunyi :
- Intensitas detak jantung di akhir lagu adalah 58 bpm/beat per minutes

4. I Walk Beside You

Referensi Musik :
- Detik suara jam mungkin merujuk pada lagu Regression ( Metropolis Pt. 2 - Scenes From a Memory )
- Suara gitar pada bagian chorus lagu hampir serupa dengan Lifting Shadows off a Dream (Awake)
- Pembukan dari lagu ini sangat U2 sekali
Tambahan :
- Lagu ini mungkin merujuk pada Yesus Kristus yang akan menolong seseorang melewati semua masalah kehidupan

5. Panic Attack

Referensi Musik :
- Riff lagu Skeezix Delima milik Tourniquette pada menit 0:15
- Double gitar dengan style Iron Maiden pada menit 5:43
- Piano pada menit 1:27 - 1:43 terdengar seperti lagu Fatal Tragedy (Metropolis Pt. 2 - Scenes From a Memory )
- Riff akhir dari lagu berulang 5 kali untuk masing-masing speaker (kanan dan kiri), termasuk riff awal yang dimainkan sangat jelas dan termasuk sebagi akhiran dari lagu
- Pada bagian yang tersembunyi hampir mendekati dengan lagi Several Species of Small Furry Animals Gathered Together In a Cave and Grooving With a Pict milik Pink Floyd

6. Never Enough

Referensi Musik :
- Pembukaan awal lagu ini terdengar seperti milik Muse
- Melodi pada chorus lagu ini mengingatkan kepada solo Gilmour (Pink Floyd) pada lagu Echoes (versi Live at Pompeii)

7. Sacrificed Sons

Referensi Musik :
- Outro dari lagu She’s So Heavy milik The Beatles terasa pada menit ke 3:35
- Solo pada menit ke 4:41 diambil dari lagu A Change of Seasons, Peruvian Skies, Fatal Tragedy, dan Natural Science (milik Rush)
- Melodi pada menit ke 7:02 - 7:32 adalah melodi dari Teddy Bear’s Picnic
Hal tersembunyi :
- Pada pembukaan lagu terdapat 8 suara yang berbeda

8. Octavarium
[I. SOMEONE LIKE HIM]
[II. MEDICATE (AWAKENING)]
[III. FULL CIRCLE]
[IV. INTERVALS]
[V. RAZOR’S EDGE]

Referensi Musik :
- 00:00 - 3:48 diambil dari : Shine On You Crazy Diamond dan Tangerine Dream (Pink Floyd), Scenes (Marty Friedman), dan Bijou (Queen)
- 03:49 - Tema utama lagu diambil dari suara violin pada akhir lagu The Answer Lies Within
- 04:33 - Suara flute yang menyerupai Änglagård flute pada tema Godfather
- 06:33 - Tema piano pada lagu Bohemian Rhapsody (Queen)
- 09:00 - Versi vocal dari Anna Lee dimainkan dengan 2 style, bass gitar secara groove dan gitar secara arpeggio
- 12:15 - Permainan keybord ala Marillion sangat terasa
- 12:17 - Sequential Circuites Prophet 5 synth part milik Styx
- 17:47 - Potongan lagu Jingle Bells pada permainan keyboards
- 17:55 - Potongan permainan gitar akustik oleh Neal Morse
- 18:43 - Suara vocal menggunakan style ala Dave Mustaine
- 19:55 - Pengulangan tema Godfather
- 21:30 - Tone gitar sangat Brian May sekali
Hal yang tersembunyi :
- 14:03 - Seseorang mengatakan “This is where we came in“. Bagian ini sangat mungkin merujuk pada lagu The Wall (Pink Floyd) dimana diakahir lagiu the Wall terdengar seseorang mengatakan “So this is where…” sedangkan di awal lagu seseorang mengatakan “…we came in.”. Ini sesuai dengan fokus Octavarium, dimana sesuatu berputar dan berulang, akhir adalah awal.

[I. SOMEONE LIKE HIM]
Someone like him terlihat seperti kelanjutan dari tema Carpe Diem yang membuat album A Change of Seasons sanagt terkenal. tema lagu ini ingin membuat hari-hari kehidupan seseorang, tidak seperti ‘him’ yang tidak diketahui - yang merasa hidup adalah membosankan, adalah suatu rutinitas. Yang pada akhirnya perubahan akan terjadi setelah kerumitan dalam jangka waktu tertentu terlewati. Hal ini akan dijelaskan pada bagian selanjutnya dari lagu ini.
Teori lain tentang bagian ini adalah bahwa bagian ini berbicara tentang karir musik John Petrucci, yang pada awalnya dia mengagumi bintang idolanya tetapi dia tidak ingin menjadi pemusik. Hal ini berlanjut dengan berubahnya keinginan dia dan mewujudkan impiannya yang diinginkan.

[II. MEDICATE (AWAKENING)]
Medicate (awakening) menceritakan tentang kisah yang serupa dengan tema film Awakening yang dibintangi oleh Robert de Niro.
Bagian ini digambarkan penuh dengan tema kesinambungan, dimulai dengan keadaan tidur ‘catatonic‘ dan diakhiri dengan keadaan ini juga.
Teori lain tentang bagian ini adalah bahwa bagian ini merupakan sebuah percakapan antara James LaBrie dengan penasehat fisik dan mentalnya, setelah dia melakukan operasi sebelum tur Waking Up The World Tour.

[III. FULL CIRCLE]
Full Circle adalah bagian diaman tema utama dari octavarium benar-benar ditunjukkan.
Paragraf 1 dan 4 dari bagian ke III ini disusun dari potongan-potongan judul lagu ataupun hal-hal lain :
Sailing on the Seven Seas - OMD (judul lagu)
also possibly Seven Seas of Rhye - Queen (judul lagu)
Seize the Day - Tema album A Change of Seasons dan film Dead Poet’s Society
Day Tripper - The Beatles (judul lagu)
Per Diem - kata latin yang berarti ’setiap hari’
Carpe Diem adalah versi latin dari kata ‘Seize the Day’
Jack the Ripper - Morrissey (judul lagu)
The Ripper - Judas Priest (judul lagu)
Ripper Owens - Vocalist grup Iced Earth (ex-Judas Priest)
Owen Wilson - Aktor
Wilson Phillips - Band
Supper’s Ready - Genesis (judul lagu)
Lucy in the Sky with Diamonds - The Beatles (judul lagu)
Diamond Dave - David Lee Roth (judul album)
Dave’s Not Here - Cheech & Chong (judul album)
Here I Come to Save the Day - Ungkapan Mighty Mouse
Day for Night - Spock’s Beard (judul lagu)
Nightmare Cinema - Penampilan Dream Theater tahun1995, dimana mereka mertukar posisi instrumen dan membawakan lagu grup lain (biasanya lagu-lagu Deep Purple)
Cinema Show - Genesis (judul lagu)
Show Me the Way - Styx (judul lagu)
Get Back - The Beatles (judul lagu)
Flying off the Handle - Ungkapan
Handle with Care - Travelling Wilburys (judul lagu)
Careful with that Axe, Eugene - Pink Floyd (judul lagu)
Gene, Gene the Dance Machine - The Gong Show
Machine Messiah - Yes (judul lagu)
Light My Fire - The Doors (judul lagu)
Gabba Gabba Hey Hey - The Ramones (lirics)
Hey Hey, My My - Neil Young (judul lagu)
My Generation - The Who (judul lagu)
Home Again - dari lagu “Breathe” dan “Time” dalam album milik Pink Floyd (Dark Side of the Moon)

[IV. INTERVALS]
dalam bagian Interval terdengar Mike Portnoy mengucapkan hitungan sebelum setiap paragraf dinyanyikan oleh James LaBrie. Masing-masing paragraf menggambarkan masing-masing lagu dalam album octavarium dan klip dari lagu tersebut diputar sebagai background dari bagian ini. (yang ini kita kudu nonton video klipnya neeeh ….)

MP mengucapkan “Root”
“Take all of me” (menit 3:03 dari lagu The Root Of All Evil) diputar sebagai background

MP mengucapkan “Second”
“Don’t let the day go by” (menit 4:21 dari lagu The Answers lies Within) diputar sebagai background

MP mengucapkan “Third”
Klip dari These Walls diputar sebagai background

MP mengucapkan “Fourth”
“I walk beside you” (menit 1:06 dari lagu I Walk Beside You) diputar sebagai background

MP mengucapkan “Fifth”
“Hysteria” (menit 3:55 in Panic Attack) diputar sebagai background

MP mengucapkan “Sixth”
“What would you say” (menit 3:03 dari lagu Never Enough) diputar sebagai background

MP mengucapkan “Seventh”
Klip dari Sacrificed Sons diputar sebagai background

MP mengucapkan “Octave”
“Side effects appear” (menit 11:52 dari lagu Octavarium part II) diputar sebagai background

Lirik ini mengekspresikan dimana lingkaran kehidupan adalah berulang, akhir adalah awal dan akan selalu berputar selamanya tanpa ada jalan untuk melarikan diri. Ini mungkin bahwa Dream Theater berbicara tentang fakta karir musik mereka yang berulang seperti lingkaran, dan sekarang, setelah album studio ke 8, mereka tidak akan berada dibawah perusahaan rekaman lagi (?), kehidupan mereka sebagai musisi berputar menjadi diri mereka sendiri.
Lagu ini diakhiri dengan nada piano yang sama seperti mereka memulai lagu pertama di awal album, yang menegaskan bahwa cerita berakhir seperti dimana cerita dimulai.

[V. RAZOR’S EDGE]

lagu ini berakhir pada bagian ke V, yang secara harfiah akan kembali berurut ke bagian ke VI yang berada pada awal album, The Root Of All Evil.

Prev: kaka : Selamanya Milan!!
Next: Dream Theater - Album 9 : Systematic Chaos