feedburner

Lorem ipsum dolor sit amet,
consectetur adipisicing elit,
sed do eiusmod tempor incididunt ut labore
et dolore magna aliqua.

Memahami Membuat Program Komputer/How to Learn Computer Programming

Diarsipkan di bawah: Informatika — Vada @ 10:19 am

Belajar bahasa pemrograman adalah sesuatu hal yang menarik bagi pendatang baru di dunia komputer. Mengapa ? Karena pada umumnya mereka akan banyak bertanya “mengapa kalau saya tekan ini bisa keluar tampilan seperti ini” . Pertanyaan lain yang juga sering muncul “Bisa tidak kalau tampilan ini diubah menjadi seperti ini”. Semua hal tersebut akan terjawab bila seseorang memahami mengenai konsep program komputer (tidak harus mahir terlebih dahulu).

Sebenarnya apa sih maksud konsep program komputer ?

Bahwa segala tindakan yang dilakukan oleh komputer ditentukan kepada instruksi yang diterimanya. Kok bisa ? Untuk memahami ini kita perlu memahami terlebih dahulu pengertian dari komputer.

Komputer terdiri atas 2 komponen yaitu hardware dan Software. Hardware kalau diterjemahkan adalah perangkat keras. Fungsi dari hardware memproses semua masukkan yang diterimanya. Nah bagaimana cara memproses ? Cara komputer memproses tergantung kepada instruksi yang diberikan padanya. Susunan instruksi dalam bentuk perintah perintah ini yang kita sebut software. Jadi ???. Untuk lebih jelasnya saya analogikan hardware dari komputer adalah mesin mobil beserta semua perangkat yang ada di mobil tersebut seperti setir, rem, stater dsb. Nah untuk memfungsikan itu semua tentunya pengemudi harus mempelajari bagaimana cara menggunakan perangkat di mobil tersebut. Nah cara agar mobil itu bisa digunakan mulai dari stater mesin, memasukkan perseneling (kalau perseneling manual), kemudian melepas kopling sambil menekan gas sehingga mobil bisa berjalan itulah yang disebut software. Kalau pengemudi kita sebut Brainware.

Bisa Dipahami kan ? Insya Allah Bisa.

Nah setelah memahami cerita diatas maka sekarang kita tengok lagi hardware komputer. Hardware komputer adalah suatu mesin yang didisain bersifat universal. Maksudnya universal adalah bisa bekerja dengan keluaran yang berbeda beda walau input sama karena cara memproses yang berbeda. Hal ini bisa didapatkan dengan mengatur kombinasi perintah perintah yang disusun. Tentunya hal ini berbeda dengan mesin mobil dimana bila ingin mobil berjalan maka input yang harus dikirim adalah menekan pedal gas. Bila ingin mobil berbelok maka input yang dikirim adalah membelokkan setir. Untuk komputer hal tersebut tidak berlaku tetap. Misal kita menjalankan program Aplikasi Office maka bila kita menekan huruf a maka akan keluar a di layar monitor,sedangkan bila kita menjalankan aplikasi game balap mobil maka bila menekan a maka gambar mobil di layar monitor akan nampak melaju. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Karena cara memproses input a untuk program Aplikasi Office dan Game berbeda sehingga keluaran (output) akan berbeda.

Saya kira sekarang sudah lebih jelas kan ? Alhamdulillah

Nah sekarang cara kita untuk memahami bahasa pemrograman, sehingga kita bisa mengatur bagaimana komputer bekerja adalah :

Pahami apa yang menjadi input , proses dan output dari setiap kasus yang ada. Sebagai contoh bila anda diminta menghitung luas lapangan sepakbola yang berbentuk persegi panjang maka anda akan menggunakan rumus

luas = Panjang * Lebar

Panjang dan lebar adalah sebagai Input

Rumus Panjang * Lebar sebagai proses

Luas sebagai Output

Contoh lain :

Budi diminta menghitung jumlah buah yang ada di keranjang , maka

Input adalah buah di keranjang,
Proses adalah kegiatan menghitung buah di keranjang
dan Output adalah Jumlah Buah yang ada di keranjang

Contoh contoh diatas untuk kasus keluaran hanya satu, Bagaimana untuk kasus keluaran lebih dari satu,
perhatikan contoh berikut

Contoh lain lagi yang memiliki output lebih dari satu kemungkinan:

Suatu Mesin yang akan berjalan bila diberi kata “Hallo”, selain kata Hallo maka mesin tidak pernah akan jalan maka :

Input : Masukkan Kata Kunci ?
Proses : Dicek Apakah kata kunci sama dengan “Hallo”
Bila ya maka kirim sinyal ke output untuk jalankan mesin

Bila tidak maka lompat kembali ke input, dan anda diminta memasukkan kata kunci kembali

Cukup Jelas, dengan kasus diatas ? Bila Belum silahkan email ke eko_travada@yahoo.com.
Sekarang bagaimana cara menerapkan kasus kasus diatas ke bahasa pemrograman

Sebelum kita dapat menerapkan suatu kasus ke bahasa pemrograman ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu yaitu :

* Siap siap bertekun ria dengan instruksi yang harus dipelajari
* Cara terbaik mempelajari program adalah dengan sering mencoba membuat program
* Mempelajari program tidak akan pernah berhasil bila hanya dibaca (kecuali bagi yang sudah terbiasa menyusun intruksi).
* Pahami logika dari setiap kasus agar mudah dalam menyusun program, Logika kurang paham akan susah membuat program (mungkin jadi tapi banyak trial errornya saat menyusun program)

Mempelajari Bahasa Pemrograman

Dalam setiap mempelajari bahasa pemrograman beberapa kunci pokok yang harus dipahami yaitu :

1. Mencoba memahami struktur cara menyusun instruksi
2. Memahami cara pedefinisian tipe data ( materi baru diatas belum dibahas)
3. memahami penggunaan perintah perintah dari bahasa pemrograman tersebut dan propertynya seperti penggunaan tanda , % dan sebagainya.
4. Menerapkan konsep algoritma yang sudah kita buat ke bahasa pemrograman.

Bahasa C

Bahasa C adalah yang sudah sangat tua, tapi hingga sekarang masih banyak digunakan terutama untuk menyusun aplikasi yang berhubungan dengan sistem operasi seperti antivirus, windows dsb. Bahasa c secara aturan cukup sederhana tapi memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi (relatif lebih mudah untuk dikostumisasi).

Diantara para pembaca mungkin pernah mendengar turbo c atau borland c, lalu apa bedanya dengan bahasa C ? Bahasa C adalah merujuk kepada aturan yang kita gunakan dalam menyusun perintah di komputer. Seperti anda belajar bahasa inggris tentu juga mempelajari tentan tenses. Kalau boleh dianalogikan kurang lebih sama antara tenses dan aturan bahasa c, hanya tentu tidak seseram itu. Sedangkan apa sih turbo C atau borland C ? Nah Turbo C aatu Borland C adalah sebagai IDE (Integrated Development Environmnet) yang artinya lingkungan tempat kita menyusun instruksi dan kemudian yang bertugas menerjemahkan instruksi yang kita susun agar dipahami oleh komputer. Proses penerjemahan ini dinamakan compile dan IDE bertugas sebagai Compiler. Di beberapa IDE yang lain ada yang menerjemahkan dengan teknik intrepreter. Beda antara intrepeter dan compiler adalah dalam teknik menerjemahkan instruksi. Compiler menerjemahkan dengan cara membaca semua intruksi yang disusun bila tidak ada kesalahan langsung diterjemahkan ke kode objek kemudian baru diterjemahkan ke bahasa mesin. sedangkan intrepreter menerjemahkan per baris perintah, sehingga bila ada kesalahan saat menyusun intruksi akan langsung dikomentari oleh IDE, dimana hal ini tidak dilakukan oleh teknik penerjemahan kompiler.

Seperti saya ceritakan diatas langkah pertama untuk memahami bahasa pemrograman adalah memahami struktur cara menyusun instruksi. Struktur bahasa c seperti contoh program berikut :

Ingat “the best way to start learning a programming language is by writing a program (Juan Soulie)”

// Program pertama saya di c

#include

int main ()

{

printf (“Hallo Dunia”);

return 0;

}

Penjelasan :

di baris pertama penggunaan # adalah sebagai Directive Prossesor. Penambahan #include berarti dalam menjalankan instruksi diatas menyertakan file yang bernama stdio.h. File ini disertakan karena untuk menjalankan perintah printf membutuhkan file stdio.h.

Kemudian int main () adalah menunjuk sebagai fungsi program utama dengan ciri kata main dan selalu diakhiri dengan (). Kemudian int adalah sebagai tipe dari fungsi utama tersebut dengan int artinya integer atau tipe bilangan bulat.

Untuk memulai program selalu diawali dengan ‘{‘ dan untuk mengakhiri dengan ‘}’. Instruksi printf adalah perintah untuk ke layar monitor kata kata di area yang dibuka dengan ‘(‘ dan diakhiri dengan ‘)’. Selalu yang harus diperhatikan di bahasa c huruf besar dan kecil dibedakan , dengan demikian anda tidak diperkenankan mengganti printf dengan Printf misalnya, karena perintah Printf tidak akan dikenali di IDE c (turbo c ataupun borland c). Penggunaan tanda ” diantara kata Halo Dunia ” berarti kata yang dicetak adalah Halo Dunia.

Perintah return o (angka 0 bukan huruf o) adalah pasangan dari fungsi yang menunjukkan bahwa program telah berhasil dijalankan dengan ciri ada pengembalian nilai bertipe integer ke fungsi main().

Perhatikan setiap intruksi yang telah diketik harus diberi tanda ; untuk perintah yang ada di area { }

Perintah diatas dapat anda ketikkan di IDE turbo c. Setelah anda ketikkan kemudian tekan tombol F9. Bila tidak kesalahan pengetikkan perintah akan tampil seperti berikut :

Compiler C

Bila ada kesalahan maka akan tampil berikut :

Compiling error C

Bila muncul seperti diatas cek lagi instruksi yang telah anda ketikkan kemungkinan salah ketik sebagai contoh perhatikkan instruksi berikut ada kekurangan tanda ‘;’ ditandai dengan area yang di blok di return o, berarti ada kesalahan perintah di baris sebelumnya dengan kata statement missing ;

sampel error c

Saat ini kompiler seperti turbo C++, sudah sangat jarang digunakan , sebagai gantinya anda bisa menggunakan Visual C++ yang merupakan paket dari Visual Studio .net 2003 atau veris beriktunya Visual Studio .net 2005 dan saat ini yang terbaru ada versi Visual Studio .net 2008 (versi yang terakhir ini penulis belum pernah coba).

Nah untuk bahasan berikut kompiler yang akan kita gunakan adalah Visual C++ yang ada di paket Visual Studio .Net 2005.


Mengenal Visual C++

Langkah pertama pastikan anda telah menginstal visual studio .net 2005

kemudian masuk ke visual studio dengan cara pilih

all program – microsoft visual studio 2005 – microsoft visual studio 2005

fisrt vs2005

Kemudian anda pilih create project kemudian pili aother language dan pilih visual c++

second vs2005

Kemudian anda pilih win32 console aplication dan beri nama project anda misal diberi nama proyek satu kemudian pilih ok maka akan tampil berikut :

thrid vs2005

kemudian klik kanan di header files – pilih add item – kemudian beri nama file anda misal latihan1 dan pastikan ikon yang tersorot cpp kemudian klik ok – klik next – beri check list di empty project lalu pilih finish maka anda siap membuat program.

Cukup panjang memang – tapi bila anda telah terbiasa langkah tersebut akan menjadi hal yang biasa.

Sebelum kita memulai mungkin ada yang bertanya kenapa langkahnya demikian panjang untuk mulai membuat program ? jawabannya kurang lebih (ini menurut analisis saya), saat membuat projek dengan menyusun program atau memberikan gambar gambar ada banyak bagian yang mesti kita bangun dengan banyak file dan alokasi file tersebut sudah tertentu , Visual Studio membantu kita untuk memanajemen file file yang terpisah tersebut di alokasi yang sesuai sehingga anda tidak perlu direpotkan dengan peletakkan file.

sekarang anda bisa mencoba mengetik perintah yang sama seperti contoh saya diatas dan untuk eksekusi tekan F5 atau klik icon start, maka keluaran yang didapat akan serupa seperti contoh diatas.

sampel 1

Mari Kita lanjutkan lagi belajar membuat program komputer.

Agar anda bisa menyusun program anda paling tidak sudah bisa membayangkan bagaimana instruksi tersebut disusun.

sebagai contoh, bila kita ingin membuat program menghitung luas persegi panjang maka dapat disusun instruksi seperti berikut :

panjang <– 5
Lebar <– 6
luas <– panjang * lebar
Tampilkan luas

artinya dari perintah diatas yaitu masukkan nilai panjang = 5 nilai lebar = 6

, kemudian dihitung dengan formula luas dan instruksi terakhir

tampilkan nilai luas.

Sekarang bagaimana menyusun instruksi diatas menggunakan visual C++ ?

Sebelum kita menerjemahkan ada beberapa hal yang harus kita pahami dan ini berlaku di semua bahasa pemrograman. Hal tersebut adalah :

1. Pahami konsep variabel (variabel adalah suatu ruang memori yang dipesan dan isi ruang tersebut dapat diganti ganti)
2. pahami konsep konstanta (variabel adalah suatu ruang memori yang dipesan dan isi ruang tersebut tidak dapat diganti)
3. pahami konsep tipe data
4. Pahami bagaimana mendefinisikan dan menggunakan tipe data

Saya ulangi lagi instruksi diatas

panjang <– 5
Lebar <– 6
luas <– panjang * lebar
Tampilkan luas

panjang<– 5 ; artinya variabel panjang diisi angka 5

lebar <– 6 ; artinya variabel lebar diisi angka 6

luas <– panjang * lebar ; artinya variabel panjang dan lebar dikalikan dan hasilnya disimpan di variabel luas

tampilkan luas , isi variabel luas ditampilkan.

panjang. lebar dan luas adalah variabel dengan isi data pasti numerik dan kemungkinan bisa pecahan, juga bisa bulat maka bisa disimpulkan panjang, lebar dan luas bertipe pecahan.

Di bahasa c/c++ tipe data untuk pecahan adalah double. berikut list tipe data di c/c++
Name Description Size* Range*
char bertipe karakter 1byte signed: -128 to 127
unsigned: 0 to 255
short int (short) bertipe bulat 2bytes signed: -32768 to 32767
unsigned: 0 to 65535
int bertipe bulat 4bytes signed: -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
long int (long) bertipe bulat long. 4bytes signed: -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
bool Bertipe Boolean 1byte true or false
float Bertipe pecahan, desimal 4bytes +/- 3.4e +/- 38 (~7 digits)
double Bertipe pecahan, desimal 8bytes +/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
long double Bertipe pecahan. desimal 8bytes +/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
wchar_t Tipe karakter lebar 2 or 4 bytes 1 wide character

cara pendefinisian tipe data dengan format seperti berikut :

tipe data variabel

contoh

double panjang,lebar,luas

Implementasi dalam program

#include
#include

int main()
{
double panjang,lebar,luas;
panjang=5;
lebar=6;
luas=panjang*lebar;
printf(“ Luas : %lf “,luas);
getch();
return 0;
}

Tekan F5 maka akan tampil luas : 30.0

Penjelasan perintah diatas :

#include
#include kedua perintah ini untuk memanggil library yang digunakan dalam menyusun perintah. Library artinya keyword (kata kunci) yang digunakan. int main() untuk memulai fungsi utama dalam program.

{ awal program

double panjang,lebar,luas; merupakan pendeklarasian tipe data double dengan nama variabel panjang, lebar, luas.

panjang=5;
lebar=6; pengisian data ke variabel panjang dan lebar

luas=panjang*lebar; formula untuk menghitung luas

printf(” Luas : %lf “,luas); Cetak di layar monitor teks luas dan isi variabel luas

parameter %lf digunakan untuk menampilkan isi variabel luas yang bertipe data double

getch(); Perintah untuk menunda sebelum perintah berikutnya dijalankan
return 0; nilai bilangan bulat yang dikembalikan merupakan pasangan dari int main()

} penutup program

Cara Instant membuat Virus Komputer denganVB+ViMaker32

Cara Instant membuat Virus Komputer denganVB+ViMaker32

Ditulis oleh oktavianus di/pada November 11, 2007

Oleh fyro angelo
Published: Juli 19, 2007

Oke, tanpa banyak cang…cing…cong….nyak..babeh…, mari kita mulai dengan ‘Black Project’ yang akan kita ciptakan, siap….????? Oke kita mulai…..
Oooopppss…. Tapi sebelumnya ada yang tau VB+Vimaker32 ga??? Oke, mungkin biar ga bingung and ga tersesat nantinya , saya akan jelaskan sedikit. VB+ViMaker32 adalah sebuah worm generator yang diciptakan khusus untuk menciptakan worm secara mudah,cepat dan instan atau istilah gaulnya GPLLY (ga pake lama la yaw…. J )

Sesuai dengan namanya program ini dapat menciptakan worm dalam bahasa Visual Basic yang akan mempunyai aksi-aksi tertentu sesuai dengan pengaturan yang diberikan. (Bener-bener sesuai dengan pengaturan yang kita kasih lho….), so buat para newbie yang pengen jadi #VM (Virus Maker bo…!) bisa pake ni program buat belajar. Tapi Cuma buat belajar lho, bukan buat mainan atawa yang laen apalagi buat ngerusak komputer orang laen, sesuai dengan tujuan dibuatnya tool ini, Cuma buat pendidikan dan ilmu pengetahuan, (Itu kata pembuatnya….).Oh ya Program ini bisa didownload gratis di: http://www.spyrozone.net di menu Vir&Worm + Removal. Atau e-mail aj ke sang empunya di: rzwan182@gmail.com.

Oke dech langsung aj kali ye… bis cape ngomong terus dari tadi ga mulai-mulai neh…J Tapi sebelum kita memulai membuat ‘Black Project’ dengan tool ini kita membutuhkan beberapa persyaratan dan tools, yang semuanya bisa didownload di dapur kalian masing-masing:
Sebuah gelas yang berisi air panas lengkap dengan sendoknya.
Satu sachet cappuccino rasa apa saja yang belum kadaluwarsa, klo ini bisa didownload di warung terdekat… J)
Cemilan, kalo bisa yang enak dan ga mengandung lemak.
Hati, Pikiran dan niat yang tulus dan ikhlas untuk menanggung segala macam akibat dan resiko yang terjadi apabila kesalahan atau ketidaksengajaan yang menyebabkan worm yang dibuat menjadi raja dikomputer sendiri (sejenis senjata makan tuan gtu…. J)

Sekarang benar-benar mulai deh, setelah didownload, pertama install dulu program VB+Vimaker32-nya tapi sebelumnya backup dulu data2 penting untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, truz jalanin file .exe nya, lalu pilih File->Project Baru (Full Load) atau tekan Ctrl+M di keyboard. Hasilnya seperti gambar dibawah ini.

Tampilan VB+Vimaker32 RC 03 :
seminarjs_clip_image002.jpg

Masukan semua keterangan tentang virus yang akan dibuat beserta pengaturan-pengaturan lainnya, seperti pengaturan Informasi Virus, Registry, Message dan dll. Masukan semuanya sesuai dengan keinginan, untuk lebih lengkapnya buka aja dokumentasinya yang disertakan. Semua informasi pengaturan settings dll ada disitu. Yang menarik dari program ini adalah karna banyak pengaturan dan kustomasi yang bisa diatur sendiri sesuai dengan kebutuhan, tidak seperti program worm generator lainnya yang cuma tinggal masukin nama pembuat dan pesan yang akan ditampilkan, terasa kurang bebas dan leluasa gtu… J,

Untuk pengaturan tentang registry yang akan diubah bisa diambil di menu Tools-> Registry Action Selector, terdapat 50 Registry Entry yang bisa dipilih, tinggal pilih truz double klik di setingan registry-nya. Truz klik Insert, Cut dan paste di section [REGISTRY]. Selain itu worm yang dibuat dengan tools ini juga bisa membaca caption window yang aktif sehingga jika caption tersebut ada dalam daftar terlarang maka akan otomatis dilumpuhkan. Untuk memilih daftar window caption yang akan dilumpuhkan gunakan Window Caption Selector di menu Tools. Disitu ada 176 daftar caption yang bisa dipilih. Tuh kan ga beda jauh dengan worm lokal sejenisnya. Pokokenya top bgt nih program! He..he… J

Berikut tampilan Registry Action Selector :
seminarjs_clip_image004.jpg

Window Caption Selector
seminarjs_clip_image006.jpg

Jangan lupa icon virusnya juga bisa diubah, untuk mengganti icon default tinggal ubah di subsection : EXEIcon = \Icons Source\Folder\Folder001.ico
Terdapat banyak pilihan icon yang disediakan didalam folder Icons Source, so tinggal pilih aja…
Terakhir dan merupakan saat yang ditunggu-tunggu adalah melakukan pemeriksaan kode yang telah diketik sebelum dicompile menjadi virus. Klik menu Project->Analisa Project atau tekan F8 untuk menganalisa kode, setelah analisa selesai dan tidak ada kesalahan penulisan kode yang dideteksi maka ‘Black Project’ yang kita buat bisa langsung dicompile. Tekan F9 untuk mengcompile project dan sebuah pesan peringatan akan muncul dan menanyakan apakah proses compile akan dilajutkan, baca dulu semua konsekuensinya truz klo setuju klik yes, maka virus yang kita buat akan langsung dicompile menjadi file executable (.exe)

File virus hasil compile :

seminarjs_clip_image010.jpg

File hasil compile memang cukup besar karena tidak otomatis dikompres secara internal, tapi kita masih bisa mengompres dengan program kompresor lain seperti UPX atau tElock. Akhir kata selamat ber-Virus Maker J Semoga artikel ini bermanfaat dan sungguh tak ada niat dari penulis sedikitpun untuk memotivasi agar membuat virus dengan tool ini, tujuan penulis tidak lain hanya berbagi informasi dan pengetahuan dan penulis tidak bertanggung jawab atas segala resiko apapun yang terjadi akibat dari penyalahgunaan artikel ini. Dan penulis ucapkan terima kasih kepada jasakom yang telah bersedia mempublish artikel ini.

8 laptop terbaru akhir Oktober

November 2, 2008 by arya_m
WP Greet Box icon
X
Welcome Googler! If you find this page useful, you might want to subscribe to the RSS feed for updates on this topic.
You were searching forPosts relating to "laptop terbaru". See posts relating to your search »« Hide related posts

* Lenovo Ideapad Y550 mulai dipasarkan di Indonesia
Setelah Lenovo meluncurkan Y-series terbaru mereka di bulan Januari, semalam Lenovo meluncurkan Ideapad terbaru tersebut di FX plaza Jakarta....
* Berbagai pilihan laptop MSI terbaru
MSI mengeluarkan edisi terbaru untuk menambah jajaran laptopnya bulan ini, termasuk didalamnya ada edisi special dari MSI Wind yang bertajuk...
* Intel resmi mengirimkan Atom N280
[singlepic=711] Beberapa hari lalu tepatnya hari Rabu, Intel telah resmi mengirimkan Atom N280 ke berbagai perusahaan pembuat PC, Atom seri terbaru...
* Asus Eee PC E1004DN dilengkapi ODD
Kabar baik buat kamu yang menunda beli netbook karena tidak adanya Optical Disc Drive (ODD). Asus meluncurkan tipe terbaru dari...
* New Aspire One 10inch…
...

Berikut adalah daftar dari 8 laptop terbaru yang dirilis akhir Oktober lalu:

- Acer Aspire 4330
- Acer Aspire 4730Z
- Acer Aspire 2930 / 2930Z
- Asus Eee PC 1000H 160GB / 904HD 160GB
- Sony VAIO VGN-Z12GN
- Fujitsu L1010

Harga di bawah hanya perkiraan, karena kurs dollar sedang tidak stabil kami belum memasang harga yang pasti di artikel ini

Acer Aspire 4330 – Intel Celeron
Price Price List: US$ 569
Status Active Product – Sold in Indonesia -
Appearance Blue Color
Weight: 2.4 kg – Dimension L x W x H: 340.4 x 247 x 22.9/42.3 mm
Warranty 1 year Local – 1 year International – Carry-in Service
OS Linux
Display 14.1 inch Widescreen 1280×800 WXGA Resolution
Acer CrystalBrite
LCD with Flourescent Backlight Technology
Brightness Not Known – Contrast Ration Not Known
Data Input Normal Keyboard and Mouse Input Type Only
Processor Name: Intel Celeron M Processor 575 1 MB L2 cache 2.0GHz 667 MHz FSB
Architechture: Intel Processor without Centrino Label
Nick Name: Intel Merom 65 nanometer Process Technology
Processor Chipset: Mobile Intel GL40 Express Chipset
Wireless Upto 300 Mbps 802.11b/g /Draft N
Graphics Intel GMA 4500MHD DirectX 10.0
Memory 1 of 2 slots empty 512 MB installed – 4096MB (4GB) max.
Memory Type: PC2-5300 DDR2-667 SO-DIMM
Onboard Flash Memory Not Supported
Networking 10/100/1000 Gigabit Ethernet Adapter
Ethernet Chipset Not Known
Bluetooth Networking Version 2.0 with Enhanced Data Rate (EDR)
Radio Connectivity (GPRS/HSDPA, etc): None Built-in
No Infrared
56 Kbps dialup Modem
Optical Disk Internal DVD Multi Double Layer 8.5 GB – No External Optical Drive
Hard Disk 160 GB 5400 rpm SATA Interface 2.5 inch Form Factor
Solid State Disk None
WebCam Resolution Not Known – Name: Acer Crystal Eye with Acer PrimaLite technology
Audio Speaker: Stereo Speakers
Audio Certification: Dolby Home Theatre
Audio Chipset: Not Known
1 (one) built-in Microphone – 1 (one) 3.5mm Microphone Jack
1 (one) standard Headphone Jack – 1 (one) Line In Jack
Video 1 (one) RGB Port
TV No TV or FM Radio Tuner
Slots / Ports 2 (two) USB 2.0 Ports
No Onboard Firewire Port
E SATA: no
No Built-in PC Card Slot
1 (one) ExpressCard/54 Slot
No Expansion Port
1 (one) Security Lock
SD/SDHC/MMC/MS/xD Memory Card Slot
Keyboard 84/85/86-keys Full Sized Keyboard
Pointing Device Synaptics Touch Pad with Left/Right Buttons
Biometrics Security No built-in Biometrics Capability
Power Adapter Power Adapter Spec Not Known -
Battery Lithium Ion Capacity Not Known -

Acer Aspire 4730Z – 14 Inci
Price Price List: US$ 649
Status Active Product – Sold in Indonesia -
Appearance Blue Color
Weight: 2.5 kg – Dimension L x W x H: 340.4 x 247 x 22.9/42.3 mm
Warranty 1 year Local – 1 year International – Carry-in Service
OS Linux
Display 14.1 inch Widescreen 1280×800 WXGA Resolution
Acer CrystalBrite
LCD with Flourescent Backlight Technology
Brightness Not Known – Contrast Ration Not Known
Data Input Normal Keyboard and Mouse Input Type Only
Processor Name: Intel Pentium Dual Core T3200 2GHz 1MB L2 Cache 667MHz FSB
Architechture: Intel Processor without Centrino Label
Nick Name: Intel Merom 65 nanometer Process Technology
Processor Chipset: Mobile Intel GL40 Express Chipset
Wireless Upto 300 Mbps 802.11b/g /Draft N
Graphics Intel GMA 4500MHD DirectX 10.0
Memory 1 of 2 slots empty 512 MB installed – 2048MB (2GB) max.
Memory Type: PC2-5300 DDR2-667 SO-DIMM
Onboard Flash Memory Not Supported
Networking 10/100/1000 Gigabit Ethernet Adapter
Ethernet Chipset Not Known
Bluetooth Networking Version 2.0 with Enhanced Data Rate (EDR)
Radio Connectivity (GPRS/HSDPA, etc): None Built-in
No Infrared
56 Kbps dialup Modem
Optical Disk Internal DVD Multi Double Layer 8.5 GB – No External Optical Drive
Hard Disk 160 GB 5400 rpm IDE/PATA Interface 2.5 inch Form Factor
Solid State Disk None
WebCam Resolution Not Known – Name: Acer Crystal Eye with Acer PrimaLite technology
Audio Speaker: Stereo Speakers
Audio Certification: Not Known
Audio Chipset: Not Known
1 (one) built-in Microphone – 1 (one) 3.5mm Microphone Jack
1 (one) S/PDIF Headphone Jack – 1 (one) Line In Jack
Video 1 (one) RGB Port
TV No TV or FM Radio Tuner
Slots / Ports 2 (two) USB 2.0 Ports
No Onboard Firewire Port
E SATA: no
No Built-in PC Card Slot
1 (one) ExpressCard/54 Slot
No Expansion Port
1 (one) Security Lock
SD/SDHC/MMC/MS/xD Memory Card Slot
Keyboard 84/85/86-keys Full Sized Keyboard
Pointing Device Synaptics Touch Pad with Left/Right Buttons
Biometrics Security No built-in Biometrics Capability
Power Adapter Power Adapter Spec Not Known -
Battery Lithium Ion Capacity Not Known -
8-laptop-terbaru-akhir-oktober-3.jpg
Acer Aspire 2930 – 12 Inch Core 2 Duo
Price Price List: US$ 969
Status Active Product – Sold in Indonesia -
Appearance Black Color
Weight: 2.1 kg – Dimension L x W x H: 304.8 x 230 x 35.7/42.1 mm
Warranty 1 year Local – 1 year International – Carry-in Service
OS Windows Vista Home Premium 32-bit
Display 12.1 inch Widescreen 1280×800 WXGA Resolution
Acer CrystalBrite
LCD with Flourescent Backlight Technology
Brightness Not Known – Contrast Ration Not Known
Data Input Normal Keyboard and Mouse Input Type Only
Processor Name: Intel Core 2 Duo P7350 2GHz 3MB L2 Cache 1066MHz FSB
Architechture: Intel Centrino 2 Processor Technology
Nick Name: Intel Merom 65 nanometer Process Technology
Processor Chipset: Mobile Intel PM45 Express Chipset
Wireless Intel WiFi Link 5100 802.11a/g/n
Graphics Intel GMA 4500MHD DirectX 10.0
Memory 1 of 2 slots empty 1 GB installed – 4096MB (4GB) max.
Memory Type: PC2-5300 DDR2-667 SO-DIMM
Onboard Flash Memory Not Supported
Networking 10/100 Fast Ethernet Adapter
Ethernet Chipset Not Known
Bluetooth Networking Version 2.0 with Enhanced Data Rate (EDR)
Radio Connectivity (GPRS/HSDPA, etc): None Built-in
No Infrared
56 Kbps dialup Modem
Optical Disk Internal DVD Multi – No External Optical Drive
Hard Disk 160 GB 5400 rpm SATA Interface 2.5 inch Form Factor
Solid State Disk None
WebCam Resolution Not Known – Name: Acer Crystal Eye with Acer PrimaLite technology
Audio Speaker: Stereo Speakers
Audio Certification: Dolby Home Theatre
Audio Chipset: Not Known
1 (one) built-in Microphone – 1 (one) 3.5mm Microphone Jack
1 (one) S/PDIF Headphone Jack – 1 (one) Line In Jack
Video 1 (one) RGB Port
TV No TV or FM Radio Tuner
Slots / Ports 3 (three) USB 2.0 Ports
No Onboard Firewire Port
E SATA: no
No Built-in PC Card Slot
1 (one) ExpressCard/54 Slot
No Expansion Port
1 (one) Security Lock
SD/SDHC/MMC/MS/xD Memory Card Slot
Keyboard 84/85/86-keys Full Sized Keyboard
Pointing Device Synaptics Touch Pad with Left/Right Buttons
Biometrics Security Fingerprint Reader
Power Adapter Power Adapter Spec Not Known -
Battery Lithium Ion Capacity Not Known -


Acer Aspire 2930Z – 12 Inci

* Layar 12.1 inch Widescreen 1280×800 WXGA
* Processor Intel Pentium Dual Core T3200 2GHz 1MB L2 Cache 667MHz FSB
* Grafik Intel GMA 4500MHD
* Memory 1GB, HDD 160GB
* Wireless 802.11b/g /Draft N, Bluetooth
* OS Linux
* US$ 739

8-laptop-terbaru-akhir-oktober-5.jpg
Eee PC 904HD 160GB

* Intel Celeron M 353 900 Mhz
* Memory 1 GB
* HDD 160 GB
* Grafik Intel GMA 900, Wi-fi.
* Windows XP Home
* Harga US$ 519

8-laptop-terbaru-akhir-oktober-6.jpg
Eee PC 1000H 160GB

* Layar 10 inch Widescreen 1024×600 WSVGA Resolution
* Intel Atom processor 1.6GHz 512 KB L2 Cache 533MHz FSB
* Memory 1GB, HDD 160GB
* Windows XP Home
* US$ 569


Sony VAIO VGN-Z12GN Double Graphic Card

* Layar 13,1″ Display
* Processor Intel Core 2 Duo Processor T8600
* Grafik NVIDIA Geforce 9300M GS(speed mode) / Intel GMA 4500MHD(stamina mode)
* Memory 2GB, HDD 250GB
* Wireless 802.11b/g /Draft N, Bluetooth
* OS Windows Vista Business
* US$ 2.199


Fujitsu L1010 Intel Core 2 Duo P7230

* Layar 14.1 inci
* Processor Intel Core2 Duo P7230
* Grafik Intel GMA 4500MHD
* Memory 1GB, HDD 250GB
* Wifi Link 5300 AGN, Bluetooth
* OS Windows Vista Business
* Warna pink dan putih
* US$ 1.198

Fujitsu L1010 Intel Core 2 Duo P8400

* Layar 14.1 inci
* Processor Intel Core2 Duo P8400
* Grafik Nvidia GeForce 9300 M
* Memory 2GB, HDD 250GB
* Wifi Link 5300 AGN, Bluetooth
* OS Windows Vista Business
* Warna Hitam
* US$ 1.398


http://www.blogger.com/post-create.g?blogID=6073819005597363377

Langkah Demi Langkah Merakit Komputer …

Ditulis oleh kang deden di/pada 13 Juli, 2007

Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana cara merakit komputer, terutama bagi mereka yang baru belajar .. dari beberapa referensi yang saya pelajari .. maka berikut ini akan dijelaskan langkah demi langkah cara merakit komputer, mudah-mudahan bermanfaat .. Red. deden

Komponen perakit komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga. Dengan merakit sendiri komputer, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Tahapan dalam perakitan komputer terdiri dari:

A. Persiapan
B. Perakitan
C. Pengujian
D. Penanganan Masalah

rakit1.jpg



Persiapan

Persiapan yang baik akan memudahkan dalam perakitan komputer serta menghindari permasalahan yang mungkin timbul.Hal yang terkait dalam persiapan meliputi:

1. Penentuan Konfigurasi Komputer
2. Persiapan Kompunen dan perlengkapan
3. Pengamanan

Penentuan Konfigurasi Komputer

Konfigurasi komputer berkait dengan penentuan jenis komponen dan fitur dari komputer serta bagaimana seluruh komponen dapat bekerja sebagai sebuah sistem komputer sesuai keinginan kita.Penentuan komponen dimulai dari jenis prosessor, motherboard, lalu komponen lainnya. Faktor kesesuaian atau kompatibilitas dari komponen terhadap motherboard harus diperhatikan, karena setiap jenis motherboard mendukung jenis prosessor, modul memori, port dan I/O bus yang berbeda-beda.

Persiapan Komponen dan Perlengkapan

Komponen komputer beserta perlengkapan untuk perakitan dipersiapkan untuk perakitan dipersiapkan lebih dulu untuk memudahkan perakitan. Perlengkapan yang disiapkan terdiri dari:

* Komponen komputer
* Kelengkapan komponen seperti kabel, sekerup, jumper, baut dan sebagainya
* Buku manual dan referensi dari komponen
* Alat bantu berupa obeng pipih dan philips

Software sistem operasi, device driver dan program aplikasi.

rakit2.jpg

Buku manual diperlukan sebagai rujukan untuk mengatahui diagram posisi dari elemen koneksi (konektor, port dan slot) dan elemen konfigurasi (jumper dan switch) beserta cara setting jumper dan switch yang sesuai untuk komputer yang dirakit.Diskette atau CD Software diperlukan untuk menginstall Sistem Operasi, device driver dari piranti, dan program aplikasi pada komputer yang selesai dirakit.

Pengamanan

Tindakan pengamanan diperlukan untuk menghindari masalah seperti kerusakan komponen oleh muatan listrik statis, jatuh, panas berlebihan atau tumpahan cairan.Pencegahan kerusakan karena listrik statis dengan cara:

* Menggunakan gelang anti statis atau menyentuh permukaan logam pada casing sebelum memegang komponen untuk membuang muatan statis.
* Tidak menyentuh langsung komponen elektronik, konektor atau jalur rangkaian tetapi memegang pada badan logam atau plastik yang terdapat pada komponen.

rakit3.jpg

Perakitan

Tahapan proses pada perakitan komputer terdiri dari:

1. Penyiapan motherboard
2. Memasang Prosessor
3. Memasang heatsink
4. Memasang Modul Memori
5. memasang Motherboard pada Casing
6. Memasang Power Supply
7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing
8. Memasang Drive
9. Memasang card Adapter
10. Penyelesaian Akhir

1. Penyiapan motherboard

Periksa buku manual motherboard untuk mengetahui posisi jumper untuk pengaturan CPU speed, speed multiplier dan tegangan masukan ke motherboard. Atur seting jumper sesuai petunjuk, kesalahan mengatur jumper tegangan dapat merusak prosessor.

rakit4.jpg

2. Memasang Prosessor

Prosessor lebih mudah dipasang sebelum motherboard menempati casing. Cara memasang prosessor jenis socket dan slot berbeda.Jenis socket

1. Tentukan posisi pin 1 pada prosessor dan socket prosessor di motherboard, umumnya terletak di pojok yang ditandai dengan titik, segitiga atau lekukan.
2. Tegakkan posisi tuas pengunci socket untuk membuka.
3. Masukkan prosessor ke socket dengan lebih dulu menyelaraskan posisi kaki-kaki prosessor dengan lubang socket. rapatkan hingga tidak terdapat celah antara prosessor dengan socket.
4. Turunkan kembali tuas pengunci.

rakit5.jpg

Jenis Slot

1. Pasang penyangga (bracket) pada dua ujung slot di motherboard sehingga posisi lubang pasak bertemu dengan lubang di motherboard
2. Masukkan pasak kemudian pengunci pasak pada lubang pasak

Selipkan card prosessor di antara kedua penahan dan tekan hingga tepat masuk ke lubang slot.

rakit6.jpg



3. Memasang Heatsink

Fungsi heatsink adalah membuang panas yang dihasilkan oleh prosessor lewat konduksi panas dari prosessor ke heatsink.Untuk mengoptimalkan pemindahan panas maka heatsink harus dipasang rapat pada bagian atas prosessor dengan beberapa clip sebagai penahan sedangkan permukaan kontak pada heatsink dilapisi gen penghantar panas.Bila heatsink dilengkapi dengan fan maka konektor power pada fan dihubungkan ke konektor fan pada motherboard.

rakit16.jpg



4. Memasang Modul Memori

Modul memori umumnya dipasang berurutan dari nomor socket terkecil. Urutan pemasangan dapat dilihat dari diagram motherboard.Setiap jenis modul memori yakni SIMM, DIMM dan RIMM dapat dibedakan dengan posisi lekukan pada sisi dan bawah pada modul.Cara memasang untuk tiap jenis modul memori sebagai berikut.

Jenis SIMM

1. Sesuaikan posisi lekukan pada modul dengan tonjolan pada slot.
2. Masukkan modul dengan membuat sudut miring 45 derajat terhadap slot
3. Dorong hingga modul tegak pada slot, tuas pengunci pada slot akan otomatis mengunci modul.

rakit7.jpg



rakit8.jpg

Jenis DIMM dan RIMM

Cara memasang modul DIMM dan RIMM sama dan hanya ada satu cara sehingga tidak akan terbalik karena ada dua lekukan sebagai panduan. Perbedaanya DIMM dan RIMM pada posisi lekukan

1. Rebahkan kait pengunci pada ujung slot
2. sesuaikan posisi lekukan pada konektor modul dengan tonjolan pada slot. lalu masukkan modul ke slot.
3. Kait pengunci secara otomatis mengunci modul pada slot bila modul sudah tepat terpasang.



rakit9.jpg

rakit10.jpg

5. Memasang Motherboard pada Casing

Motherboard dipasang ke casing dengan sekerup dan dudukan (standoff). Cara pemasangannya sebagai berikut:

1. Tentukan posisi lubang untuk setiap dudukan plastik dan logam. Lubang untuk dudukan logam (metal spacer) ditandai dengan cincin pada tepi lubang.
2. Pasang dudukan logam atau plastik pada tray casing sesuai dengan posisi setiap lubang dudukan yang sesuai pada motherboard.
3. Tempatkan motherboard pada tray casing sehinga kepala dudukan keluar dari lubang pada motherboard. Pasang sekerup pengunci pada setiap dudukan logam.
4. Pasang bingkai port I/O (I/O sheild) pada motherboard jika ada.
5. Pasang tray casing yang sudah terpasang motherboard pada casing dan kunci dengan sekerup.



rakit11.jpg

6. Memasang Power Supply

Beberapa jenis casing sudah dilengkapi power supply. Bila power supply belum disertakan maka cara pemasangannya sebagai berikut:

1. Masukkan power supply pada rak di bagian belakang casing. Pasang ke empat buah sekerup pengunci.
2. HUbungkan konektor power dari power supply ke motherboard. Konektor power jenis ATX hanya memiliki satu cara pemasangan sehingga tidak akan terbalik. Untuk jenis non ATX dengan dua konektor yang terpisah maka kabel-kabel ground warna hitam harus ditempatkan bersisian dan dipasang pada bagian tengah dari konektor power motherboard. Hubungkan kabel daya untuk fan, jika memakai fan untuk pendingin CPU.

rakit12.jpg

7. Memasang Kabel Motherboard dan Casing

Setelah motherboard terpasang di casing langkah selanjutnya adalah memasang kabel I/O pada motherboard dan panel dengan casing.

1. Pasang kabel data untuk floppy drive pada konektor pengontrol floppy di motherboard
2. Pasang kabel IDE untuk pada konektor IDE primary dan secondary pada motherboard.
3. Untuk motherboard non ATX. Pasang kabel port serial dan pararel pada konektor di motherboard. Perhatikan posisi pin 1 untuk memasang.
4. Pada bagian belakang casing terdapat lubang untuk memasang port tambahan jenis non slot. Buka sekerup pengunci pelat tertutup lubang port lalumasukkan port konektor yang ingin dipasang dan pasang sekerup kembali.
5. Bila port mouse belum tersedia di belakang casing maka card konektor mouse harus dipasang lalu dihubungkan dengan konektor mouse pada motherboard.
6. Hubungan kabel konektor dari switch di panel depan casing, LED, speaker internal dan port yang terpasang di depan casing bila ada ke motherboard. Periksa diagram motherboard untuk mencari lokasi konektor yang tepat.

rakit13.jpg

rakit14.jpg

rakit15.jpg



8. Memasang Drive

Prosedur memasang drive hardisk, floppy, CD ROM, CD-RW atau DVD adalah sama sebagai berikut:

1. Copot pelet penutup bay drive (ruang untuk drive pada casing)
2. Masukkan drive dari depan bay dengan terlebih dahulu mengatur seting jumper (sebagai master atau slave) pada drive.
3. Sesuaikan posisi lubang sekerup di drive dan casing lalu pasang sekerup penahan drive.
4. Hubungkan konektor kabel IDE ke drive dan konektor di motherboard (konektor primary dipakai lebih dulu)
5. Ulangi langkah 1 samapai 4 untuk setiap pemasangan drive.
6. Bila kabel IDE terhubung ke du drive pastikan perbedaan seting jumper keduanya yakni drive pertama diset sebagai master dan lainnya sebagai slave.
7. Konektor IDE secondary pada motherboard dapat dipakai untuk menghubungkan dua drive tambahan.
8. Floppy drive dihubungkan ke konektor khusus floppy di motherboard

Sambungkan kabel power dari catu daya ke masing-masing drive.

rakit17.jpg

9. Memasang Card Adapter

Card adapter yang umum dipasang adalah video card, sound, network, modem dan SCSI adapter. Video card umumnya harus dipasang dan diinstall sebelum card adapter lainnya. Cara memasang adapter:

1. Pegang card adapter pada tepi, hindari menyentuh komponen atau rangkaian elektronik. Tekan card hingga konektor tepat masuk pada slot ekspansi di motherboard
2. Pasang sekerup penahan card ke casing
3. Hubungkan kembali kabel internal pada card, bila ada.

rakit18.jpg

10. Penyelessaian Akhir

1. Pasang penutup casing dengan menggeser
2. sambungkan kabel dari catu daya ke soket dinding.
3. Pasang konektor monitor ke port video card.
4. Pasang konektor kabel telepon ke port modem bila ada.
5. Hubungkan konektor kabel keyboard dan konektor mouse ke port mouse atau poert serial (tergantung jenis mouse).
6. Hubungkan piranti eksternal lainnya seperti speaker, joystick, dan microphone bila ada ke port yang sesuai. Periksa manual dari card adapter untuk memastikan lokasi port.



rakit19.jpg

Pengujian

Komputer yang baru selesai dirakit dapat diuji dengan menjalankan program setup BIOS. Cara melakukan pengujian dengan program BIOS sebagai berikut:

1. Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suara dari speaker.
2. Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yang terpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosong dan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasi kesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahan yang dimaksud oleh kode beep.
3. Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusi dari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS.
4. Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutama kapasitas hardisk dan boot sequence.
5. Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS.

Setelah keluar dari setup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencarian sesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootable yang berisi sistem operasi pada drive pencarian.

Penanganan Masalah

Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannya antara lain:

1. Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switch atau kabel daya belum terhubung.
2. Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot/

LED dari hardisk, floppy atau CD menyala terus disebabkan kesalahan pemasangan kabel konektor atau ada pin yang belum pas terhubung. Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Sumber : www.google.com

Tips Cara Belajar Bermain Gitar dan Bass Bagi Pemula

Tips Cara Belajar Bermain Gitar dan Bass Bagi Pemula dari Dasar/Basic Plus Stem Gitar
Sat, 13/05/2006 - 7:53am — godam64

Mempunyai hobi musik tidak lengkap rasanya kalau belum bisa memainkan alat musik seperti gitar yang terkenal yang dapat dijadikan teman pengiring semua jenis lagu yang ada di seluruh dunia dan akherat. Belajar bermain gitar awalnya memang sulit dan terkadang membuat stres orang yang mempelajarinya.

Untuk belajar bass sebaiknya anda belajar gitar terlebih dahulu, karea orang yang dapat bermain gitar otomatis bisa bermain bass, namun jika anda bisa bermain bass tidak otomatis bisa gitar. Kunci dan nada pada bass gitar tidak jauh berbeda pada gitar, sehingga ada baiknya jika anda belajar kunci dasar gitar dahulu. Selain itu anda bisa menghemat uang, karena tidak perlu membeli bass, tetapi cukup gitar kopong yang murah saja sudah cukup.

Untuk bermain gitar anda harus siap merasa agak sakit pada ujung jari kiri anda, karena akan digunakan untuk menekan senar untuk membuat formasi kunci gitar. Terkadang harus membuat ujung jari kita menjadi kapalan maupun melendung baik jari di tangan kiri maupun kanan. Untuk mendapatkan sesuatu anda memang harus mengorbankan sesuatu, itu adalah hukum kimia dan ekonomi yang wajar dan normal.

Jika anda berencana untuk kursus sebaiknya anda jangan ikut kursus sebelum menguasai tehnik dasar tempo lagu, kunci dasar gitar dan kocokan gonjreng pada gitar. Jika anda belum menguasai hal itu anda hanya akan memperlama masa kursus anda yang akan menghabiskan uang.

Untuk menghemat biaya anda bisa belajar pada teman, saudara atau tetangga yang anda kenal baik dan bisa barmain gitar. Jika tidak ada yang bisa bermain gitar maka anda harus belajar otodidak alias belajar sendiri.

Yang diperlukan untuk belajar gitar dasar sendirian :
- Gitar apa saja boleh kopong dan boleh lisrik
- Buku atau majalah lagu-lagu yang ada kunci gitarnya beserta petunjuk kunci gitar
- Kaset, CD atau MP3 lagu yang ada di buku lagu
- Kemampuan stem atau menyetem gitar

Untuk memulai latihan anda harus menyetem gitar anda terlebih dahulu agar suara 6 senar gitar bisa harmonis dan tepat. Jika tidak distem maka anda tidak akan bisa belajar, karena suaranya tidak mungkin pas. Untuk stem gitar anda bisa minta tolong orang lain atau stem sendiri dengan insting. Untuk masalah stem gitar anda bisa mencari buku panduan bermain gitar di toko buku.

Jika anda mau stem sendiri, maka caranya adalah dengan menyamakan fret ke 5 suatu senar dengan satu senar setingkat di bawahnya pada fret 0. Kecuali pada senar ketiga dari bawah yang barus distem pada fret ke 4 dengan fret 0 di senar kedua dari bawah. Anda harus menggunakan filing anda apakah suara suatu fret dengan fret di bawahnya sudah sama suaranya. Jika tidak sama putar-putar pengendali tegangan senar pada ujung gitar sampai pas.

Jika sudah OK, maka selanjutnya anda tinggal mencoba gonjreng pada kunci standar sampai jari anda anda terbiasa dengan posisi masing-masing kunci. Kemudian coba buka buku lagu-lagu yang ada kunci gitarnya, lalu coba ikuti perubahan dari kunci ke kunci dengan tempo yang sesuai dengan aslinya sebisa mungkin berdasarkan filing anda.

Jika sudah bisa maka anda bisa mencoba bermain bareng dengan suara kaset atau lagu yang sebenarnya. Namun syaratnya adalah steman pada gitar anda sesuai dengan steman yang ada di kaset dan kunci lagu yang ada di buku atau majalah juga benar sesuai dengan yang di kaset dan gitar anda.

Jika anda sudah agak lancar anda bisa melanjutkan ke kursus atau inovasi sendiri belajar hal-hal lainnya dari buku mapun kenalan anda. Jika sudah menguasai anda bisa membentuk grup band anda sendiri bersama orang lain yang bisa memainkan alat musik lainnya. Selamat belajar dan semoga berhasil :)

* lain lain

cara menjadi hacker

Sekali lagi saya ucapkan selamat bagi Anda yang berhasil masuk situs ini. Karena situs ini merupakan situs yang memberikan cara termudah bagi Anda yang ingin menjadi HACKER !!! Banyak orang yang sulit untuk megunjungi situs ini, karena sangat banyak calon HACKER profesional yang surfing di situs ini...

Sebagian besar dari HACKER di Indonesia belajar banyak dari situs yang saya buat ini...

Inisial saya adalah HACKMAST, saya membuat situs ini untuk memudahkan HACKER pemula agar menjadi HACKER PROFESIONAL. JIKA ANDA INGIN MENJADI HACKER YANG PROFESIONAL, JADIKAN SITUS INI SEBAGAI SITUS FAVORIT ANDA !!!!!
[Klik Gambar Ini !] Klik gambar untuk melihat data- data yang berhasil saya HACK!!

Anda adalah HACKER pengunjung setia situs ini yang ke : Hit Counter

KLIK DI SINI untuk mengetahui software apa yang sebaiknya Anda gunakan dan Anda kuasai untuk menjadi HACKER yang profesional.....




Gunakan Search Engine situs partner saya untuk membantu memudahkan Anda para HACKER !!!
Go to msn.com ANDA MENCARI UNTUK :


Untuk menggunakan fasilitas Search Engine lainnya Klik.
[Anda Akan Menuju yahoo.com]

[Klik Gambar Ini !]







Klik dan Anda dapat melihat peta jaringan HACKER Indonesia yang telah tersebar di seluruh Indonesia dan dunia !!!

Motto : "ALWAYS HACKING INTO THE INTERNET"


Anda dapat mengetahui kurs mata uang dengan mengetik simbol mata uang pada kolom di bawah ini :
KURS MATA UANG
Masukan simbol mata uang !




Yth. HACKER pengunjung setia situs indonesianhacklink.tripod.com
Jika Anda memiliki kritik dan saran, serta pertanyaan atau apapun mengenai situs ini segera kirim e-mail ke indonesianhacklink@yahoo.com jangan lupa sertakan nama lengkap, alamat e-mail, nomor telepon, dan alamat rumah Anda sekarang juga. Apapun kiriman Anda akan Saya terima dan saya jawab dengan senang hati.....

JANGAN LUPA, KIRIMLAH E-MAIL SEBANYAK- BANYAKNYA AGAR KEKURANGAN DARI SITUS INI DAPAT BERKURANG DAN SITUS INI MENJADI SITUS FAVORIT ANDA !!!...



Salam HACKER,

MELINDUNGI COPY/PASTE

This item was filled under [ Tips dan Trik ]

Cara ini “mencegah file kita di copy paste” oleh orang lain adalah agar privasi kita yang berada dalam file tersebut tidak akan bisa di copy oleh sembarangan orang.

Tidak sedikit juga ada bebrapa orang yang memang sengaja mengambil file-file kita tanpa sepengetahuan kita dan menyimpan nya dalam sebuah media penyimpanan seperti flashdisk, CD dll.

Namun ada beberapa cara yang dapat kita terapkan agar orang tidak bisa copy-paste file-file kita ke media penyimpanan seperti flashdisk dsb, tapi file tersebut masih bisa kita copy-paste dalam komputer kita sendiri.

Berikut cara nya:

1. Pilih “Start” Lalu kemudian pilih “Run” dan untuk selanjutnya kita ketikkan “Regedit” lalu tekan ENTER.

2. Di langkah yang kedua ini kita Pilih “HKEY_LOCALMACHINESYSTEMCurrentControlSetControl”.

3. Lalu setelah langkah kedua di atas selanjutnya kita lakukan Klik kanan di posisi “Control” Lalu selanjutnya Klik “New” lalu pilih “Key” lalu untuk selanjutnya kita kasih nama “StorageDevicePolicies” (Gak pake tanda kutip ya :) ), untuk lebih jelas nya silahkan lihat pada gambar di bawah ini.

4. Selanjutnya pada langkah yang ketiga ini kita Klik kanan di posisi StorageDevicePolicies, lalu selanjutnya kita klik “New” kemudian “DWord Value” dan selanjutnya kita kasih nama dengan “WriteProtect” (yang ini gak pake tanda kutip juga ya).

5. Pada langkah ke empat ini kita klik 2x di “WriteProtect”, lalu selanjutnya kita ubah value nya menjadi bernilai 1.

Selesai, Restart komputer kita lalu silahkan tes hasilnya, dan hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini, kalo ada orang yang ingin copy-paste file kita selain di dalam harddisk maka akan muncul pesan seperti di bawah ini.

Kalo mau ngerubah jadi semula kita bisa mengulangi langkah di atas, dan tinggal kita ganti aja value nya jadi 0, lalu tinggal kita restart lagi.